BENTUK GENERASI TANGGUH DAN MUMPUNI, KODIM 0428/MM GELAR PERJUSAMI SAKA WIRA KARTIKA SANGPATI

Nasional197 Dilihat

Bentuk Generasi Tangguh dan Mumpuni, Kodim 0428/MM Gelar Perjusami Saka Wira Kartika Sangpati

Mukomuko-metrommnews.com

Kodim 0428/Mukomuko melaksanakan Upacara Pembukaan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) Saka Wira Kartika Sangpati Kodim 0428/MM di Lapangan Upacara Makodim 0428/MM Jumat (19/5/23).

Kegiatan Upacara Pembukaan Perjusami Saka Wira Kartika Sangpati Kodim 0428/Mukomuko, dipimpin langsung Dandim 0428/MM Letkol CZI Rinaldo Rusdy S.I.P yang dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan Perkemahan Saka Wira Kartika Sang Pati ini, bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin pemimpin Bangsa dimasa depan,” agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita Bangsa” ucap Dandim diawal sambutannya.

Lebih lanjut Dandim 0428/MM mengatakan,” Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta, agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, karena tantangan Negeri kita dimasa Pandemi Covid-19 saat ini adalah tanggung jawab kita semua, untuk membangun kembali Negeri ini,” sebut Letkol Rinaldo Rusdy.

Disisi lain, Dandim jug mengingatkan agar generasi muda menjadi manusia manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

Dandim 0428/MM Letkol CZI Rinaldo Rusdy S.I.P menyematkan tanda Peserta Perkemahan Perjusami Saka Wira Kartika Sangpati

” Melalui kegiatan perkemahan ini, marilah kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita, perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini, diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Sebagai generasi penerus, segenap anggota Pramuka bersama-sama seluruh komponen Bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat,” pungkas Letkol Rinaldo Rusdy.

Diakhir amanatnya, Dandim 0428/MM mengatakan,”  mengakhiri amanat ini, saya ingin menyampaikan beberapa pesan, harapan dan arahan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan bersama.

Pertama, Tingkatkan intensitas dan kualitas Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa bagi generasi muda.

Yang kedua, Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas.

Ketiga, Ajak kaum muda untuk meningkatkan semangat Bela Negara.

Ke empat,  Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan.

Kelima, Utamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas segalanya.

Ke enam, Kokohkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan terakhir, Amalkan Satya dan Dharma Pramuka. Inti dari Satya dan Dharma dari gerakan Pramuka adalah semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual,” tutur Dandim 0428/MM Letkol Czi Rinaldo Rusdy mengakhiri.

Peserta Upacara Pembukaan Perjusami Saka Wira Kartika Sangpati Kodim 0428/MM

Dalam kegiatan Perjusami ini, berbagai materi diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan itu diantaranya, pembinaan syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika yang meliputi: Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering,  Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

Materi lain juga diberikan diantaranya, Pembinaan Kesadaran Bela Negara dalam Kepramukaan yang meliputi Peraturan baris berbaris, Tata cara penghormatan,

Latihan Upacara Bendera dan

Outbound yang bersifat menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, disiplin, tanggung jawab, pantang menyerah, kerjasama dan kewaspadaan dini.

Materi Wawasan Kebangsaan yang  meliputi Empat Konsesus Dasar Bangsa, Sejarah Nasional,

Paham Radikalisme, Bahaya Laten Komunis dan Proxy War.

Kegiatan Perjusami Saka Wira Kartika Sangpati Kodim 0428/MM dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 19 sd 21 Mei 2023 (Jumat, Sabtu dan Minggu)

dengan diikuti peserta sebanyak 60 orang terdiri, Penyelengara sebanyak 10 orang, Pendukung sebanyak 5 orang, Pembina sebanyak 5 orang dengan pelaku berasal dari SMKN 1 sebanyak 8 orang, SMAN 1 sebanyak 8 orang, SMAN 2 sebanyak 8 orang, SMAN 3 sebanyak 8 orang dan dari SMAN 4 sebanyak 8 orang.

Kegiatan Perjusami Saka Wira Sang Pati bertujuan untuk untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin pemimpin bangsa di masa depan, agar mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras demi mendorong kemajuan serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa dan negara.

Selain itu Saka Wira Kartika  merupakan tunas penerus bangsa.

Pramuka harus  harus kuat dan bermental baja,  dengan Perjusami tahun 2023 ini  diharapkan dapat  menumbuhkan jiwa patriotisme dari adik adik Pramuka Saka Wira Kartika Sangpati Kodim 0428/MM.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Dandim 0428/MM, Danramil 428-01/MM Kapten Inf Yulga Mahendri, para Pasi Kodim 0428/MM, Anggota Kodim 0428/MM, Andalan Cabang Kwartir Mukomuko Ibu Tri Hartati, Pamong Saka Wira Kartika Putri Ranting Ipuh Ibu Nurani S, Kom,

Pamong Saka Wira Kartika Ranting Ipuh Bapak Wain, Saka Sar Kabupaten Mukomuko Bapak Putra dan seluruh peserta Perjusami Saka Wira Kartika Sangpati Kodim 0428/MM.( Red/tya)

Sumber: Pendim 0428/MM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *